Jump to content


Welcome to Wihara.com


Sign In 

Create Account
Selamat datang di Wihara.com :D , Ayo Ikutan Bergabung jadi kamu bisa mendapatkan manfaat dari sini :
Manfaat2 nya di antara lain

- Nanya2 & Sharing Pengalaman Buddhist Kamu
- Meningkatkan Kebijaksanaan Kamu
- Belajar Ngendalikan Emosi
- Menjadi Orang yg Lebih Baik
- Lebih Bahagia Dalam Hidup
- Kenalan Antar Anak Buddhist di Kota Kamu
- Gathering di Kota Masing2

Yuk Bergabung Dengan Kita :D
 

Photo
- - - - -

Nibbana juga anicca?


  • Please log in to reply
15 replies to this topic

#1 bodohsatva

bodohsatva

    Senior WDC

  • Members
  • 5
  • 1,147 posts
  • 0 thanks

Posted 05 June 2013 - 11:47 PM

Mohon petunjuk para senior di sini...
apakah nibbana juga bersifat anicca?

setelah mencapai kesadaran agung merealisasikan nibbana, memotong akar penderitaan, adakah ada kemungkinan bagi seorang arahatta mengalami kemerosotan?

Apakah setiap makhluk bisa mencapai kondisi nibbana?



Thanks b4...

The Four Reliances
First, rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
Second, rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
Third, rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And fourth, rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions.


#2 donbodran

donbodran

    Baru Bergabung

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 1
  • 64 posts
  • 0 thanks

Posted 06 June 2013 - 01:42 AM

pertanyaan menarik....tidak ada yg kekal dlm perspektif Budhisme...nah siapa yg akan menjawab pertanyaan TS ini?

#3 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,704 posts
  • 81 thanks
  • LocationMalang

Posted 06 June 2013 - 06:59 AM

Kalau sudah menjadi emas yang sudah murni apa akan kembali ke emas tambang lagi ....?
Demikian juga yang sudah mencapai nibanna ..

Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#4 Edogawa

Edogawa

    Detective Conan

  • Members
  • 44
  • 3,032 posts
  • 21 thanks

Posted 06 June 2013 - 07:29 AM

Mohon petunjuk para senior di sini...
apakah nibbana juga bersifat anicca?



Nibbana adalah yang tidak berkondisi (asankhata dhamma). Yang berkondisi (sankhara/sankhata dhamma) dicirikan dengan muncul, bertahan sebentar dan lenyap sehingga dikatakan "sabbe sankhara anicca" (semua yang berkondisi tidak kekal). Tetapi yang tidak berkondisi tidak muncul, oleh karena itu tidak lenyap, sehingga dikatakan bukan anicca, namun juga bukan keabadian karena bukan sesuatu yang muncul lalu bertahan selamanya (Nibbana tidak muncul sehingga bagaimana bisa dikatakan abadi/bertahan selamanya?). Hanya dikatakan Nibbana itu sesuatu yang ada (eksis) tanpa perlu kondisi yang menyebabkan ia muncul sehingga disebut "yang tidak berkondisi".

setelah mencapai kesadaran agung merealisasikan nibbana, memotong akar penderitaan, adakah ada kemungkinan bagi seorang arahatta mengalami kemerosotan?


Seseorang yang mencapai Nibbana tidak mungkin merosot. Kekotoran batin yang telah dilenyapkan tidak mungkin muncul kembali. Oleh karena itu dalam sutta-sutta ketika seseorang mencapai pencerahan ia berseru: "Kebebasan batin-Ku tidak tergoyahkan. Ini adalah kelahiran-Ku yang terakhir. Tidak akan ada lagi penjelmaan baru." Bahkan seseorang yang baru memasuki arus menuju Nibbana (Sotapanna) tidak akan jatuh dari jalan adiduniawi (lokuttara) dan pasti akan mencapai Nibbana paling laa dalam tujuh kehidupan.

Apakah setiap makhluk bisa mencapai kondisi nibbana?



Thanks b4...


Semua makhluk bisa mencapai Nibbana, namun kemampuan untuk mencapai Nibbana tsb berbeda-beda dari satu makhluk-ke makhluk lainnya. Selengkapanya bisa dibaca di http://www.wihara.co...pembebasan.html

rj1pgw.jpg


#5 golden lotus

golden lotus

    Re-Birth

  • Members
  • 247
  • 3,260 posts
  • 46 thanks
  • LocationSurabaya

Posted 18 December 2013 - 08:14 AM

Mohon petunjuk para senior di sini...
apakah nibbana juga bersifat anicca?

setelah mencapai kesadaran agung merealisasikan nibbana, memotong akar penderitaan, adakah ada kemungkinan bagi seorang arahatta mengalami kemerosotan?

Apakah setiap makhluk bisa mencapai kondisi nibbana?



Thanks b4...

"What is Nibbāna, friend? The destruction of lust, the destruction of hatred, the destruction of delusion -- that, Friend, is called Nibbāna."
-- SAMYUTTA NIKĀYA


The Buddha says :

"Fivefold, Ānanda, are sensual bonds. What are the five? Forms cognizable by the eye -- desirable, lovely, charming, infatuating, accompanied by thirst, and arousing the dust of the passions; sounds cognizable by the ear; odours cognizable by the nose; flavours cognizable by the tongue; contacts cognizable by the body -- desirable, lovely charming, infatuating, accompanied by thirst, and arousing the dust of passions. These, Ānanda, are the five sensual bonds.

Whatever happiness or pleasure arises from these sensual bonds, is known as sensual happiness.

"Whoso should declare: 'This is the highest happiness and pleasure which beings may experience' I do not grant him that, and why? Because there is other happiness more exalted and sublime.

"And what is that other happiness more exalted and sublime? Here a Bhikkhu lives, completely separated from sense-desires, remote from immoral states, with initial and sustained application born of seclusion, in joy and happiness abiding in the First Ecstasy (Pathama Jhāna). This is happiness more exalted and sublime.

"But should anyone declare:-- 'This is the highest happiness and pleasure which beings may experience' -- I do not grant him that, and why? Because there is another happiness yet more exalted and sublime.

"Here a Bhikkhu, stilling initial and sustained application, having tranquillity within, mind one-pointed, initial and sustained application having ceased, as a result of concentration lives in joy and happiness, abiding in the Second Ecstasy (Dutiya Jhāna). This is the other happiness more exalted and sublime.

"Yet should anyone declare that this is the highest happiness and pleasure experienced by beings -- I do not grant it. There is happiness more exalted.

"Here a Bhikkhu, eliminating joy, abides serene, mindful, and completely conscious, experiencing in the body that of which the Ariyas say:-- 'Endowed with equanimity and mindfulness he abides in bliss.' Thus he lives abiding in the Third Ecstasy (Tatiya Jhāna). This is the other happiness and pleasure more exalted and sublime.

"Still should anyone declare that this is the highest happiness -- I do not grant it. There is happiness more exalted.

"Here a Bhikkhu, abandoning pleasure and pain, leaving behind former joy and grief -- painless, pleasureless, perfect in equanimity and mindfulness -- lives abiding in the Fourth Ecstasy (Catuttha Jhāna). This is the other happiness more exalted and sublime.

"However, were this declared to be the highest happiness -- I do not grant it. There is happiness more sublime.

"Here a Bhikkhu, passing entirely beyond the perception of form, with the disappearance of sense reaction, freed from attention to perceptions of diversity, thinks: 'Infinity is Space' -- and lives abiding in the Realm of infinite Space (Ākāsāna?āyatana). This other happiness is more exalted and sublime.

"Nevertheless, if this were declared the highest happiness -- I do not grant it.

There is happiness more sublime.

"Here a Bhikkhu, transcending entirely the Realm of Infinite Space, thinks: 'Infinite is Consciousness', and lives abiding in the Realm of Infinite Consciousness (Vi?āna?ayatana). This other happiness is more exalted and sublime.

"And yet should this be declared the highest happiness -- I do not grant. There is higher happiness.

"Here a Bhikkhu, transcending the Realm of Infinite Consciousness, thinks: 'There is nothing whatsoever' and lives abiding in the Realm of Nothingness (Āki?a?āyatana). This other happiness is more exalted and sublime than that.

"And still were this declared the highest happiness -- I do not grant it. There is happiness more exalted.

"Here a Bhikkhu, passing entirely beyond the Realm of Nothingness, lives abiding in the Realm of Neither- Perception-nor-Non-Perception (N'eva sa?ā n'āsa?a-yatana). This other happiness is more exalted and sublime.

"Yet whoso should declare: 'This is the highest bliss and pleasure which beings may experience' -- l do not grant him that, and why". Because yet another happiness is more exalted and sublime.

"And what is this other happiness more exalted and sublime? Here a Bhikkhu, utterly transcending- the Realm of Neither-Perception-nor-Non-Perception, lives, having attained to the Cessation of perception and sensation (Sa?āvedayita-Nirodha). This, Ānanda, is the other happiness more exalted and sublime.



"Nibbānam paramam sukham
Nibbāna is the highest bliss."


It is bliss supreme because it is not a kind of happiness experienced by the senses. It is a blissful state of positive relief from the ills of life.

The very fact of the cessation of suffering is ordinarily termed happiness, though this is not an appropriate word to depict its real nature.

The chief difference between the Buddhist concepion of Nibbāna and the Hindu conception of Nirvāna or Mukti lies in the fact that Buddhists view their goal without an eternal soul and creator, while Hindus do believe in an eternal soul and a creator.

This is the reason why Buddhism can neither be called Eternalism nor Nihilism.

In Nibbāna nothing is 'eternalised' nor is anything 'annihilated.'


#6 djoe

djoe

    Legenda WDC

  • Moderators
  • 229
  • 4,797 posts
  • 44 thanks

Posted 18 December 2013 - 09:05 AM

Dikutip dari An Explanation of Reasoning: The Sixty Stanzas (Tulisan Nagarjuna) Based on Candrakirti's Commentary

Those who profess substance, God, primordial matter, spirit, time and the rest and accept the origination and destruction of beings may nonetheless wish to achieve the city of Nirv@%a through abandoning all the foregoing.

Still because of failing to see precisely the two truths- apparent and ultimate - they will for a very long time not be able to reach the goal of Nirv@%a which is the
annihilation of Sa`s@ra.
The demonstration of Interdependent Origination is the only cause of seeing rightly the two truths, therefore, all the Holy Personalities have traveled this path.

Yg dibold jangan dilihat dalam arti sebenarnya ada sesuatu yg eksis lalu lenyap, karena samsara adalah eksistensi yg tidak inheren, tidak hakiki, tidak real. Yg di bold adalah kebenaran konvensional karena dibicarakan dalam sudut pandang konvensional yg belum tercerahkan yg masih melihat muncul dan lenyap, yg melihat dunia dalam cara mode penampakah dan bukan mode eksistensi mereka

yang dibawah di kutip dari Mulamadhyamaka-Karika - terjemahan oleh BUDDHAPALITAVRITTI dari terjemahan tibet

I pay homage to the complete Buddha
Who is supreme among teachers
Who taught dependent origination
That neither ceases nor is generated,
Neither is annihilated nor permanent,
Neither comes nor goes,
Neither is distinct nor is identical
That is the peace that fully pacifies all proliferation

Yang diatas adalah diuangkapkan dalam kebenaran ultimate, yaitu mode eksistensi dari segala fenomena dan merupakan aspek atau nibbana itu sendiri

Utk bisa memahami nibbana kita harus bisa membedakan kebenaran konvensional atau kebenaran ultimate dan jalan menuju ke situ adalah pemahaman Interdependent Origination (Sunyata/kosong)


The Lotus S#tra, (Saddharmapu%}ar$kas#tra) the text explains that Nirv@%a is just an antidote taught by the Buddhas in order to lure ordinary people away from their attachment to the world of existence. It has no independent status at all either as an entity or a non-entity.

Jadi nirvana yg dibicarakan adalah nirnvana konvensional utk yg belum tercerahkan dan mempunyai makna yang berbeda sekali dalam kebenaran ultimate dari sisi yg tercerahkan.

Jadi utk memahami ini kita harus bisa membedakan mana kebenaran konvesional dan mana kebenaran ultimate, baru kita bisa mengerti ajaran dharma dan maksud dari buddha mengajarkan seperti itu

By refutation of the false, not by acquiring the truth, is the revelation of the TRUTH


#7 djoe

djoe

    Legenda WDC

  • Moderators
  • 229
  • 4,797 posts
  • 44 thanks

Posted 18 December 2013 - 09:12 AM

Karena itu :
Nirv@%a is therefore ultimately an illusion. The remark contained in Candrak$rti's commentary to the effect that "if there were anything more excellent than Nirv@%a, it too would be an illusion" is particularly revealing.
It sums up the radical and absolute integrity of the M@dhyamika philosopher who can throw away the most sacred truths of his conventional faith in the interest of liberation from all points of view.

Jadi bisa dikatakan Nirvana adalah terbebasnya dari lautan pandangan. Bukan mengkoleksi atau berganti pandangan atau membuang pandangan salah dan mencari pandangan benar. Sama seperti seseorang menggantikan ganja dengan narkoba

By refutation of the false, not by acquiring the truth, is the revelation of the TRUTH


#8 djoe

djoe

    Legenda WDC

  • Moderators
  • 229
  • 4,797 posts
  • 44 thanks

Posted 18 December 2013 - 09:21 AM

Pandangan lawan yg memegang pada esensialist(real) :
Now suppose someone says that existence and non-existence are facts, because if they did not exist, then Sa`s@ra and Nirv@%a also would be fictions. Sa`s@ra is of the nature of the substance of the five appropriating aggregates, so it has the nature of existence.

Because of the afflictions, sentient beings wander through the various realms. This wandering is called Sa`s@ra, the cycle or wheel of existence. It exists and therefore existence is also a fact.

Liberation, on the other hand, is beyond this. Its nature is the discontinuation of Sa`s@ra. Liberation implies the nonreoccurrence of suffering, and it is of the nature of non-existence. Therefore, that being or entity which is not Sa`s@ra, that is Nirv@%a also is a possible fact. If Sa`s@ra and Nirv@%a are facts, and they exist, then existence and non-existence will also be established.

Pandangan benar :
However, these two are not facts and do not exist.

Pandangan lawan yg memegang pada esensialist(real) :
Then, do you think the Blessed One did not proclaim these two? Indeed, He taught the Dharma in order to eliminate Sa`s@ra and achieve Nirv@%a. If Sa`s@ra and Nirv@%a did not exist, the teaching of the Blessed One would be useless, but it is not useless. Thus Sa`s@ra and Nirv@%a both exist and therefore, existence and non-existence are also established.

Pandangan benar :
Then, to whom did the Blessed One teach Sa`s@ra and Nirv@%a? He did so to the Holy Personalities of course.
Well, if the Blessed One taught Sa`s@ra and Nirv@%a to the Holy Personalities, then inasmuch as they had already achieved the status of Holy Personalities, they can hardly be said to have needed to achieve that status through that teaching.

Now if you say that they were taught Sa`s@ra and Nirv@%a, because they were on the way to becoming Holy Personalities, then in that case, they would have to become Holy Personalities through the process of hearing, considering and so forth. In that case, the teaching is for those who are not yet Holy Personalities. Those who have not yet achieved the status of Holy Personalities are very familiar with the view of existence through their experience of Sa`s@ra from beginningless time. Therefore, if as a corrective to this habit, the most excellent state, Nirv@%a, which is characterized by opposition to Sa`s@ra is not demonstrated, attachment to existence cannot be removed.

Therefore, Sa`s@ra and Nirv@%a were demonstrated not for the sake of the Holy Personalities, but for ordinary people. Dan karenanya itu samsara dan nirvana adalah kebenaran konvesional

By refutation of the false, not by acquiring the truth, is the revelation of the TRUTH


#9 djoe

djoe

    Legenda WDC

  • Moderators
  • 229
  • 4,797 posts
  • 44 thanks

Posted 18 December 2013 - 09:28 AM

Dikutip dari An Explanation of Reasoning: The Sixty Stanzas (Tulisan Nagarjuna) Based on Candrakirti's Commentary

VII. As with regard to the extinction of a formerly originated entity, cessation is imputed, so too, the Holy Ones consider cessation (to be like) a magical creation.

When the impermanence of an originated entity is nonexistent, then through this there is no establishment of intrinsic being. If an entity were existent without depending upon another entity, it could be seen to exist in its intrinsic being.(Inheren)

The Holy Ones do not perceive anything that is established in its intrinsic being. When such entities are analyzed with wisdom, they are found to be like an illusory elephant in a magical show, non-existent in their intrinsic being.(kosong/tidak inheren)

Whatever is non-existent in its intrinsic being and whatever is unoriginated (tidak muncul) is called Nirv@%a. Nirv@%a is established depending upon an illusion, just as in the conventions of the world there is the stipulation of impermanence.

In this way, it is proved that Sa`s@ra and Nirv@%a do not exist in their intrinsic being.(maksudnya kosong)

Thus when one has understood the nature of entities (entitas konotasi inti, selfnature, inherent, self eksistence) to be unapprehended (tidak eksis) or without support, this is Nirv@%a.

By refutation of the false, not by acquiring the truth, is the revelation of the TRUTH


#10 djoe

djoe

    Legenda WDC

  • Moderators
  • 229
  • 4,797 posts
  • 44 thanks

Posted 18 December 2013 - 11:34 AM

Whatever is non-existent in its intrinsic being and whatever is unoriginated (tidak muncul) is called Nirv@%a
Whatever is non-existent in its intrinsic being and whatever is unoriginated (tidak muncul) is called Suffering

Segala sesuatu adalah anicca karenanya samsara
Segala sesuatu adalah anicca karenanya nirvana

Segala sesuatu adalah anicca,karena segala sesuatu adalah anicca, tidak tetap, tidak inheren, tidak memiliki sifat hakiki (yaitu sifat yg melekat pada objek misalnya memuaskan) karena itu dukkha

Segala sesuatu adalah anicca,karena segala sesuatu adalah anicca, tidak tetap, tidak inheren, tidak memiliki sifat hakiki (yaitu sifat yg melekat pada objek misalnya memuaskan) karena itu nirvana

Manusia atau yg tercerahkan, sama sama melihat anicca, bedanya manusia tidak mengenal aspek samsara dari anicca, yg tercerahkan melihat aspek nirvana dari anicca

Manusia karena tidak mengenal dan melihat segala sesuatu adalah anicca karenanya melihat aspek samsara dari anicca, dan mengejarnya karena melihat dunia yg tidak real sebagai real, secara inheren memiliki diri, memuaskan
yg tercerahkan melihat dan mengenal anicca sejelas jelasnya bahwa dunia ini hanyalah bunga di angkasa , bersifat ilusi dan tidak mengejarnya dan melihat aspek nirvana dari anicca.

Jika kita tidak mampu merealisasikan pengetahuan "Segala sesuatu adalah anicca" menjadi direct experience, karena tidak bisa melihat mengenal aspek samsara maupun nirvana dari anicca tersebut dan karenanya kita mengejar fenomena, maka ikita akan jatuh dalam samsara

Jika kita mampu merealisasikan pengetahuan "Segala sesuatu adalah anicca" menjadi direct experience, sehingga kita bisa melihat sisi dukkha dan nirvana dari fenomena maka kita bisa merealisasikan nirvana

Fenomena merupakan satu hal memiliki aspek samsara dan nirvana

Seseorang yg jatuh pada pandangan real, bahwa fenomena adalah real dan karenanya itu dukkha adalah real, tidak akan pernah terlepas dari samsara karena dengan melihat seperti itu kita berusaha melakukan praktek menghancurkan fenomena karena anicca, dukkha tidak menyadari sisi aspke nirvana dari fenomena.

Jika kita seperti itu dengan menghancurkan dukkha/fenomena dalam arti yg sebenar benarnya bagi orang yg melihat seperti ini tidak akan bisa mencapai nibbana karena tidak menyadari aspek nirvana dari fenomena

Jadi dalam pengertian/kontek tulisan ini secra keseluruhan maka dikatakah dukkha tidaklah real, nirvana adalah ilusi, dunia bagaikan mimpi. Jika mampu menjadikan pengetahuan "dukkha tidaklah real, nirvana adalah ilusi, dunia bagaikan mimpi. " sebagai direct experiences, maka nirvana dicapai

Demikian juga Seseorang yg jatuh pada pandangan nihil tidak berbeda org yg memegang pandangan real bahwa fenomena adalah real dan karenanya itu dukkha adalah real, tidak akan pernah terlepas dari samsara karena dengan melihat seperti itu kita berusaha melakukan praktek menghancurkan fenomena karena anicca, dukkha tidak menyadari sisi aspke nirvana dari fenomena. Karena dengan menganggap hancurnya, lenyapnya, berhenti selama lamanya fenomena, penderitaan adalah nirvana. Jadi dalam hal ini pandangan real dan nihil pada akhirnya adalah sama , tidak akan bisa mencapai nibbana

By refutation of the false, not by acquiring the truth, is the revelation of the TRUTH


#11 yoh***s

yoh***s

    i dont know

  • Members
  • 31
  • 1,794 posts
  • 8 thanks

Posted 18 December 2013 - 05:04 PM

Mohon petunjuk para senior di sini...
apakah nibbana juga bersifat anicca?


segala sesuatu yg berkondisi dan disebabkan oleh sebab yg lalu adalah selalu berubah ... (sabbe sangkhara anicca)

jika , tdk ditemukan lagi kondisi , dan tdk ditemukan lagi sebab-sebabnya , serta tdk ditemukan lagi keberadaannya ... bagaikan seorang yg menanak nasi , tdk ditemukan lagi berasnya , tdk ditemukan lagi air untuk menanaknya , tdk ditemukan lagi wadah untuk mengubah beras menjadi nasi ..., maka tdk selayaknya lagi dipertanyakan perubahan-perubahannya dari beras menjadi nasi ;) (IMO)

setelah mencapai kesadaran agung merealisasikan nibbana, memotong akar penderitaan, adakah ada kemungkinan bagi seorang arahatta mengalami kemerosotan?


jika pohon tumbuh berkembang ditunjang oleh daunnya yg menampung mineral , dan daun ditunjang dahan nya , dan dahan nya ditunjang batang pohonnya , dan batang pohonnya ditunjang akarnya ... maka pohon akan tumbuh berkembang (pohon subur)

demikian pula...

bagaikan kelima indera yg tdk lagi ditunjang oleh kegemaran kelima khanda(perasaan, kesadaran,pencerapan, bentuk2xpikiran, dan perwujudan) , dan lima kegemaran tdk lagi ditunjang oleh Loba ,Dosa, dan Moha ................. maka dukkha tdk lagi mendapatkan tempatnya (pohon mandul wkwkwkwk)

so,... tdk pula selayaknya dipertanyakan lagi kemerosotan dan kemajuannya

Apakah setiap makhluk bisa mencapai kondisi nibbana?


tergantung Apakah semua mahluk mau Berhenti wkwkwkkwwkkwkwkwkk :D I dont think so.wkwkwkk karena aku aja masih mau main2x wkwkwkwk

:namaste:

#12 golden lotus

golden lotus

    Re-Birth

  • Members
  • 247
  • 3,260 posts
  • 46 thanks
  • LocationSurabaya

Posted 20 December 2013 - 04:47 PM

kalau kebutuhan dasar tidak terpenuhi , misalnya makan dan minum , apakah ada yang berpikir tentang pengetahuan anicca , pengetahuan tidak berkondisi dan sebagainya ?

why we think too far ?

:confusius:

Hanya yang berjodoh , yang akan terus dan terus terpesona untuk pencarian .....real yang sejati or sunyata.
Tidak semua orang berjodoh di area ini.
Bagi sebagian orang , hidup hanya untuk pemenuhan kebutuhan fisik semata.
dan tak dapat dikatakan " why we think too far ? " , Sesungguhnya kekuatan Dhamma sanggup menghidupi kebutuhan fisik kita didunia ini.......baca mantra Vasodhara Dharani (sutra hujan mestika yang di sabdakan Buddha)

#13 Vickyhong

Vickyhong

    Newbie

  • Members
  • Pip
  • 0
  • 4 posts
  • 0 thanks

Posted 04 August 2016 - 05:29 PM

Namo Buddhaya. Nibbana adalah kebahagiaan tertinggi.. nibbana tdklah anicca. seseorang yg telah mencapai nibbana berarti sdh terbebas dari penderitaan. Dan org yg sdh mnjd arahat tdk mngkin mengalami pemerosotan..perlu diingat arahat itu adalah salah satu jenis buddha.

#14 golden lotus

golden lotus

    Re-Birth

  • Members
  • 247
  • 3,260 posts
  • 46 thanks
  • LocationSurabaya

Posted 04 August 2016 - 07:50 PM

Nibbana BUKAN KEBAHAGIAAN tertinggi.
Derita dan bahagia adalah VEDANA (abhidhamma)

Nibbana ada 2 :
1. Saupadisesa
2. Upadisesa

Siapa yg bahagia kalo manusia itu pancakhanda dan anatta ?

Membahas bahagia pastilah membahas perasaan manusia . Dan ini VEDANA (feeling pleasant unpleasant)

apakah Nibbana adalah Anicca ?
apakah Nibbana adalah kekal ?

"Pertanyaan" butuh jawaban...
Dan setiap jawaban bukanlah upadisesa parinibbana
Cetanaham bhikkhave kammam vadami

#15 golden lotus

golden lotus

    Re-Birth

  • Members
  • 247
  • 3,260 posts
  • 46 thanks
  • LocationSurabaya

Posted 04 August 2016 - 07:52 PM

Hanya yang berjodoh , yang akan terus dan terus terpesona untuk pencarian .....real yang sejati or sunyata.
Tidak semua orang berjodoh di area ini.
Bagi sebagian orang , hidup hanya untuk pemenuhan kebutuhan fisik semata.
dan tak dapat dikatakan " why we think too far ? " , Sesungguhnya kekuatan Dhamma sanggup menghidupi kebutuhan fisik kita didunia ini.......baca mantra Vasodhara Dharani (sutra hujan mestika yang di sabdakan Buddha)


RALAT

Real yang sejati ?
Udah real + sejati .....ini absurd , ngawur , dungu
Cetanaham bhikkhave kammam vadami

#16 beri

beri

    Baru Bergabung

  • Members
  • PipPip
  • 0
  • 24 posts
  • 0 thanks

Posted 20 June 2017 - 09:41 AM

Mohon petunjuk para senior di sini...
apakah nibbana juga bersifat anicca?

setelah mencapai kesadaran agung merealisasikan nibbana, memotong akar penderitaan, adakah ada kemungkinan bagi seorang arahatta mengalami kemerosotan?

Apakah setiap makhluk bisa mencapai kondisi nibbana?



Thanks b4...

nibbana dilepas bukan ditahan

nibbana dilepas semua

nibbana memang tidak kekal karena dilepas

asal berbuat jahat pasti merosot

bisa asal normal tidak berbuat jahat asal kondisinya bukan didalam nibbana, kalau didalam nibbana tentu Buddha

semua makhluk Buddha dan bodhisattva asal secara reinkarnasinya tetaoi secara apapun tetap sattva


-sukkha ada 7:

  1. sukkha pikiran 2. sukkha badan 3. sukkha wahyu 4. sukkha kemauan 5. sukkha keinginan 6. sukkha perasaan 7. sukkha kesadaran

 

 

-sati kuat menyeluruh dari mama papa

   oleh sebab ada mama dan papa -> sati kuat menyeluruh

 

   suatu hari ada anak bernama kebaikan,

   dia bertapa tapi tidak memperoleh hasil.

   selanjutnya dia bermeditasi pernapasan juga tidak memperoleh hasil.

   akibat dia punya mama dan papa yang keren dia langsung dapat sati kuat menyeluruh akibat tekad mamanya dan tekad papanya,

 





0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

 
x

Halo :)

Halo :), Selamat Datang di Wihara.com :D

Yuk bergabung dengan kita, di jamin jadi lebih bijaksana, baik & sabar hehe

Kamu bisa bertanya2 ataupun sharing2 pengalaman kamu sebagai Buddhist

Ayo tunggu apa lagi, bergabung skrg :D. Click di "Register". Thanks :)
register close