Jump to content


Welcome to Wihara.com


Sign In 

Create Account
Selamat datang di Wihara.com :D , Ayo Ikutan Bergabung jadi kamu bisa mendapatkan manfaat dari sini :
Manfaat2 nya di antara lain

- Nanya2 & Sharing Pengalaman Buddhist Kamu
- Meningkatkan Kebijaksanaan Kamu
- Belajar Ngendalikan Emosi
- Menjadi Orang yg Lebih Baik
- Lebih Bahagia Dalam Hidup
- Kenalan Antar Anak Buddhist di Kota Kamu
- Gathering di Kota Masing2

Yuk Bergabung Dengan Kita :D
 

Photo
- - - - -

Apakah Tuhan itu sungguh ada?


  • Please log in to reply
24 replies to this topic

#21 seniya

seniya

    Sahabat WDC

  • Members
  • 23
  • 405 posts
  • 11 thanks

Posted 18 February 2016 - 04:52 PM

Coeda gak usah panjang lebar mengutip kutipan bro Seniya...
Silahan jelaskan maksud sedikit kutipanmu ini :

26-29. “Ketika pikirannya yang terkonsentrasi sedemikian murni … (*seperti Sutta 51, §§24-27) *… Ia memahami: ‘Kelahiran telah dihancurkan, kehidupan suci telah dijalani, apa yang harus dilakukan telah dilakukan, tidak akan ada lagi penjelmaan menjadi kondisi makhluk apapun.’

 

Oh itu karena diringkas, sedangkan versi panjangnya kalo tidak diringkas adalah seperti yg telah diedit di atas (yg di bold)



#22 arieosho

arieosho

    Fenomena WDC

  • Members
  • 289
  • 6,099 posts
  • 43 thanks

Posted 18 February 2016 - 09:51 PM

apakah Tuhan itu ada ? Kalau tidak ada , anda ada dari mana ? Jika anda punya alasan untuk tidak percaya , kenapa harus dipaksakan ? Jika anda percaya , lalu apa rugi nya ?

Apapun alasan yang anda katakan , itu adalah hak anda. Ketika anda tidak mau percaya , anda akan memiliki banyak alasan untuk itu.

Jika anda percaya, itu baik , jika anda tidak percaya, itu juga baik. Alasan yang anda berikan tidak bermakna sama sekali. Karena itu hanya sebatas pikiran saja. Ibarat setitik debu di bandingkan seluruh keberadaan. Apapun yang anda katakan tidak berarti apapun. Siapa yang tahu bahwa alasan yang anda katakan itu adalah benar ?

.
.
  • golden lotus likes this
Semua yang terjadi dan akan terjadi adalah berhubungan dengan KARMA. Apakah anda akan mencapai pencerahan agung sekarang atau di kelahiran yang akan datang ? Kejadian itu berhubungan dengan KARMA Baik anda. Maka mulailah dengan lHati Nurani agar semua pikiran dan tindakan anda menghasilkan KARMA baik. Jika KARMA baik anda telah memenuhi target , jalan akan terbuka. anda akan menemukan kebenaran apapun yang anda perlu sesuai dengan KARMA baik anda.. Hati Nurani.

#23 golden lotus

golden lotus

    Re-Birth

  • Members
  • 247
  • 3,260 posts
  • 45 thanks
  • LocationSurabaya

Posted 19 February 2016 - 07:52 AM

apakah Tuhan itu ada ? Kalau tidak ada , anda ada dari mana ? Jika anda punya alasan untuk tidak percaya , kenapa harus dipaksakan ? Jika anda percaya , lalu apa rugi nya ?
Apapun alasan yang anda katakan , itu adalah hak anda. Ketika anda tidak mau percaya , anda akan memiliki banyak alasan untuk itu.
Jika anda percaya, itu baik , jika anda tidak percaya, itu juga baik. Alasan yang anda berikan tidak bermakna sama sekali. Karena itu hanya sebatas pikiran saja. Ibarat setitik debu di bandingkan seluruh keberadaan. Apapun yang anda katakan tidak berarti apapun. Siapa yang tahu bahwa alasan yang anda katakan itu adalah benar ?
.
.


Hmmm...

1. Anda ADA dari mana ?
-->kita berasal "dari apa" tidak membuktikan Tuhan ADA

2. Kepercayaan adalah hak asasi manusia
Tidak dapat diganggu gugat ,
Tapi disini kita membahas fundament dari keberadaan.
Ibarat anak SD tahunya benda mengapung di air karena ringan.

Tapi level mahasiswa , benda mengapung bukan karena ringan . Buktinya kapal perang beratnya berapa ton ...kok bisa ngapung ?
Level mahasiswa menyadari benda terapung karena gaya keatas dari tekanan air sebesar volume benda yg terendam air (disebut formula hukum Archimedes)

Nah masalah mau paham level sd atau mahasiswa adalah hak asasi tiap orang.

3.memang tiap manusia dilahirkan dengan kapasitas pemahaman yg beda.
Cetanaham bhikkhave kammam vadami

#24 golden lotus

golden lotus

    Re-Birth

  • Members
  • 247
  • 3,260 posts
  • 45 thanks
  • LocationSurabaya

Posted 19 February 2016 - 07:56 AM

Tapi....untuk anda yg sangat penasaran apakah tuhan sang pencipta itu ADA?

Level mahasiswa ...menjawab TIDAK ADA
Cetanaham bhikkhave kammam vadami

#25 athaqu

athaqu

    Newbie

  • Members
  • Pip
  • 0
  • 2 posts
  • 0 thanks

Posted 25 December 2016 - 09:50 AM

YA, TENTU SAJA BENAR-BENAR ADA.
JKA ANDA BELUM MENGALAMINYA, PERTANYAAN COEDA TENTU SAJA 'APAKAH ANDA SUDAH MELAKUKAN KEHENDAK-KEHENDAK-NYA/PERINTAH-PERINTAH-NYA/FIRMAN-NYA/KEBENARAN-NYA?
Jika tidak bagaimana mungkin anda mengalami kesaksian perjumpaan pribadi, sedang pribadi tidak percaya?
Sebagaimana umat Buddhist, apakah sudah ada yang bertemu diantara para Buddha?
Coeda rasa yang banyak bercuap-cuap seolah-olah tlah tercerah, berpengetahuan buddhism belum pernah mengalami perjumpaan dengan Buddha. Tetapi banyak malah orang tua yang murni tulus hanya sebatas percaya dan berdoa/sembahyang meminta keselamatan, malah tahu dan mengalami perjumpaan.
Tetapi berbeda pula dengan perjumpaan yang dialami dalam praktek-praktek yang aliran tertentu yang dilakukan dengankekuatan pikiran. Sradha bukan kekuatan imaginasi pikiran. (As new age teaching)
Jika Buddha saja tidak tahu, apalagi TUHAN, Pencipta,penguasa alam semesta.
Klo coeda, tentu saja coeda sudah mengalami dahulu, tentu saja telah dikenali dan saling kenal baik Sakaymuni maupun Amithaba dan yang lain-lain, mementori coeda. Cari tulisan coeda ding.... tentang apa yang terjadi jika seseorang memasuki proses tercerahkan di alamkeBuddhaan.
Demikianlah penjelasan coeda yang simple.


"Barang siapa melihatku dalam wujud, barang siapa mencariku dalam suara. Dia memperaktekanjalan menyimpang danntidakmdapat melihat Hyang Tathagatha "


Matius 7:7-8 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

1 Korintus 2:13-14 Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh.
Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."


Salam, coeda.
JESUS bless u (THE WAY, THE TRUTH, AND THE LIFE)

 

 

  saya punya seorang teman sakit kanker otak dan saat jalani pembiusan untuk dioperasi, dia melihat cahaya putih dan terang sekali. hal ini diceritakan setelah selesai operasi, dia memahami cahaya putih yang terang itu sebagai yesus. maka setelah itu di jadi umat kristen. lalu ada teman lainnya yang ngalami kematian anaknya karna kecelakaan motor. teman anaknya sering mimpi mengenai anaknya yang dalam kesusahan disana. seperti gak ada makanan, gak ada pakaian dsb. sampai suatu saat dikasih tahu bahwa diwihara ada anak indigo yang bisa lihat arwah dari orang yang meninggal. teman saya lalu kesana dengan menbawa foto anaknya. sesampai disana teman saya lalu minta bantuan dari anak indigo itu dengan menperlihatkan foto anaknya. gak tahunya anak indigo ini teman kuliah, teman saya dikasih tahu bahwa roh dari anaknya ada dialam hantu gak bisa kemana2. dan bisa menbantu kalau teman saya mau ikut menbacakan doa untuk anaknya. tentu saja teman saya setuju.

pendek cerita setelah doa hari kedua si indigo ini mengatakan bahwa waktu berdoa tadi ada teratai tapi anak teman saya gak berani naik. lalu pada hari ketiga setelah selesai berdoa dia sampaikan bahwa tadi saat berdoa dia undang yesus datang dulu, dan setelah yesus datang dipeluklah anak teman saya itu. setelah itu baru yesus suruh anak itu naik teratai ikut Buddha Amitabha kealamnya. setelah itu teman saya mimpi anaknya kasih tahu dia bahwa saat ini dia sudah sangat enak.

    jadi dari cerita ini apa yang bisa coeda gambarkan?

    pada kasus teman saya yg pertama cahaya putih terang yang dilihatnya dalam mimpi itu diartikan dia sebagai yesus, bagaimana kalau dia artikan itu sebagai Buddha maka itu akan jadi Buddha. kalau ada sepuluh manusia mengartikan Tuhan yang beda2 maka ada 10 Tuhan jadinya. maka itu janganlah terlalu ngotot soal Tuhan atau Buddha. karna cuma sebatas dari pengakuan manusia saat ini saja. diantara kita tidak ada yang kenal TUHAN sebab tidak ada gambar Tuhan pada kita. sedangkan gambar para nabi bila kita jadikan patokan. maka kita harus hati2 pada makhluk halus yg bisa lukis rupa sesuai gambar yang ada. 

 

disini kita berdebat mati2an gak mau kalah, mengaku ajaran masing2 paling hebat. tapi pada kenyataannya yesus dan Buddha teman baik. karna kami berdoa memohon Buddha Amitabha untuk menbawa teman anak saya itu kealamnya Buddha Amitabha, sedangkan anak teman saya tidak kenal dengan Buddha Amitabha juga ajarannya, makanya dia gak berani ikut pergi. tapi setelah yesus datang dan menpersilakan dia pergi dengan Buddha Amitabha diapun pergi bersama Buddha Amitabha.

 

intinya tiap agama punya surga masing2, cuma surga mana yang lebih menbahagiakan? ini bukan tergantung dari indahnya pemandangan atau isi dari alam surga itu, tapi pada perasaan makhluk yang menetap disurga itu. hal apa yang bisa menbuat perasaan sesorang bahagia? makin sedikitnya beban pada dirinya (keingin2an tak tercapai, kemelekatan dsb).

silakan buktikan sendiri didunia ini saja sudah bisa dibuktikan gak usah tunggu sampai mati.

semoga semua makhluk hidup bahagia. 






0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

 
x

Halo :)

Halo :), Selamat Datang di Wihara.com :D

Yuk bergabung dengan kita, di jamin jadi lebih bijaksana, baik & sabar hehe

Kamu bisa bertanya2 ataupun sharing2 pengalaman kamu sebagai Buddhist

Ayo tunggu apa lagi, bergabung skrg :D. Click di "Register". Thanks :)
register close