Jump to content


Welcome to Wihara.com


Sign In 

Create Account
Selamat datang di Wihara.com :D , Ayo Ikutan Bergabung jadi kamu bisa mendapatkan manfaat dari sini :
Manfaat2 nya di antara lain

- Nanya2 & Sharing Pengalaman Buddhist Kamu
- Meningkatkan Kebijaksanaan Kamu
- Belajar Ngendalikan Emosi
- Menjadi Orang yg Lebih Baik
- Lebih Bahagia Dalam Hidup
- Kenalan Antar Anak Buddhist di Kota Kamu
- Gathering di Kota Masing2

Yuk Bergabung Dengan Kita :D
 

Photo
- - - - -

coeda - penjelasan coeda tentang kenyataan kebenaran topik ' dukkha itu konsep.'

dukkha sunyata jhana meditasi kosong BUDDHA zen awam duniawi makhluk

  • Please log in to reply
54 replies to this topic

#21 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 31 March 2016 - 02:04 PM

Pancakhanda itulah delusi, delusi yg mengalami delusi = delusi kuadrat

 

 

Sang Buddha ketika masih hidup, memiliki pancakhanda atau tidak ? berarti Sang Buddha juga mengalami delusi ?


Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#22 kasina

kasina

    Anggota tetap

  • Members
  • 7
  • 389 posts
  • 6 thanks

Posted 31 March 2016 - 05:45 PM

Sang Buddha ketika masih hidup, memiliki pancakhanda atau tidak ? berarti Sang Buddha juga mengalami delusi ?


I mei : pertanyaan legend menandakan legend masih blm memahami paticasamupada, Buddha sdh mengajarkan dgn baik paticasamupada . Anda legend renungkan aja sendiri,apakah pertanyaan anda layak untuk mahluk Buddha
Sy tdk bisa memberi legend kenyang, kalau Legend tdk mau makan. Semua kembali kediri legend sendiri , jwban ada pada diri legend sendiri . Itu sebabnya belajar dan renungkan ajaran Sang Buddha dgn seksama .dan liahat kedalam bukan melihat keluar.
Kalau sdh waktunya anda pasti bisa mengerti tulisan saya ini . ... _/\_

Semoga menyadari dan bermanfaat buat yg lain juga .

Semoga semua mahluk bahagia _/\_ i mei Zen

#23 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 31 March 2016 - 05:59 PM

I mei : pertanyaan legend menandakan legend masih blm memahami paticasamupada, Buddha sdh mengajarkan dgn baik paticasamupada . Anda legend renungkan aja sendiri,apakah pertanyaan anda layak untuk mahluk Buddha
Sy tdk bisa memberi legend kenyang, kalau Legend tdk mau makan. Semua kembali kediri legend sendiri , jwban ada pada diri legend sendiri . Itu sebabnya belajar dan renungkan ajaran Sang Buddha dgn seksama .dan liahat kedalam bukan melihat keluar.
Kalau sdh waktunya anda pasti bisa mengerti tulisan saya ini . ... _/\_
Semoga menyadari dan bermanfaat buat yg lain juga .
Semoga semua mahluk bahagia _/\_ i mei Zen


Memangnya Sang Buddha bukan makhluk, lantas namanya apa?

Jadi yg keliling menyebarkan dharma itu siapa ya, yg tidak pakai pancakhanda ?

Jangan menganggap Buddha itu manusia super...

Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#24 kasina

kasina

    Anggota tetap

  • Members
  • 7
  • 389 posts
  • 6 thanks

Posted 31 March 2016 - 06:10 PM

Memangnya Sang Buddha bukan makhluk, lantas namanya apa?
Jadi yg keliling menyebarkan dharma itu siapa ya, yg tidak pakai pancakhanda ?
Jangan menganggap Buddha itu manusia super...


I mei : adakah sy berkata Buddha bukan mahluk , aplagi super haha semua dari liarnya pikiran anda sendiri menyimpulkan tulisan sy .
Pertanyaan anda oot dan sy tdk akan menjawab yg oot, karena tdk mungkin mengisi gelas yg penuh tapi minta diisi.
Sebaiknya legend renungkan lagi tulisan saya . Atau minta dibantuan guru pembinbingnya agar mengerti tulisan saya .
Jika suatu saat nanti anda sdh bisa lihat kedalam diri legend sendiri, artinya anda sdh berjodoh dgn ajaran Buddha dlm hal paticasamupada .

Semoga memaklumi dan menyadari _/\_ i mei Zen

#25 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 01 April 2016 - 06:06 AM

I mei : adakah sy berkata Buddha bukan mahluk , aplagi super haha semua dari liarnya pikiran anda sendiri menyimpulkan tulisan sy .
Pertanyaan anda oot dan sy tdk akan menjawab yg oot, karena tdk mungkin mengisi gelas yg penuh tapi minta diisi.
Sebaiknya legend renungkan lagi tulisan saya . Atau minta dibantuan guru pembinbingnya agar mengerti tulisan saya .
Jika suatu saat nanti anda sdh bisa lihat kedalam diri legend sendiri, artinya anda sdh berjodoh dgn ajaran Buddha dlm hal paticasamupada .

Semoga memaklumi dan menyadari _/\_ i mei Zen

 

Justru saya ikut logika anda, dari mana dikatakan pikiran saya liar ?

 

Jika hidup maka memiliki pancakhanda

Jika memiliki pancakhanda maka terdelusi

Jika terdelusi maka bukan Buddha

 

Jadi kesimpulan dari Kasina alias imei : Yang hidup bukan Buddha

Bukannya ini mengingkari Sang Buddha pernah hidup ? Kalau kesimpulannya seperti ini saya jadi maklum pernyataan Buddha bukan makhluk karena nggak pernah hidup ..... Belum sampai paticasamupada .....


Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#26 kasina

kasina

    Anggota tetap

  • Members
  • 7
  • 389 posts
  • 6 thanks

Posted 01 April 2016 - 11:27 AM

Justru saya ikut logika anda, dari mana dikatakan pikiran saya liar ?
 
Jika hidup maka memiliki pancakhanda
Jika memiliki pancakhanda maka terdelusi
Jika terdelusi maka bukan Buddha
 
Jadi kesimpulan dari Kasina alias imei : Yang hidup bukan Buddha
Bukannya ini mengingkari Sang Buddha pernah hidup ? Kalau kesimpulannya seperti ini saya jadi maklum pernyataan Buddha bukan makhluk karena nggak pernah hidup ..... Belum sampai paticasamupada .....


I mei : legend bertanya hal oot dan memaksakan topik yg oot dgn tuding2 sy mengatakan Buddha bukan mahluk dan super . Kalau pikiran sdh liar begini , seperti kreta kuda tdk ada kusirnya, hanya akan menambah LDM saja . Legend masih seperti Legend yg Tuding2 hanya akan menjadi debat kusir saja.

Sy akhiri percakapan ini yg menjurus perdebatan .

Legend anda yg paling benar ... ok selesai ya... _/\_

Semoga semua mahluk bahagia... _/\_

#27 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 01 April 2016 - 07:42 PM

Yang mengatakan pancakhanda terdelusi itu siapa ya ? Melempar bola panas tapi tidak bisa mempertahankan argumennya sendiri.... capee deh... Dari awal tulisan sudah jelas siapa yang suka menuduh, demikian pintar memutar balikan mengatakan orang lain menuduh ...

OOT ke paticasamupada lagi...

 

Saya sudah paham model orang seperti ini maunya cuma jadi polisi, kalau orang yang dasarnya mau diskusi tidak akan mengeinterupsi pernyataan orang lain dengan melempar bola panas....

 

Kalau Sang Buddha dikatakan makhluk berarti mempunyai pancakhanda berarti sama saja mengatakan Sang Buddha terdelusi ....

 

Logika dasar seperti ini saja tidak mengerti bagaimana bisa masuk ke logika yang lebih dalam lagi ....

 

Lagian percuma memperpanjang debat kusir kayak gini...


Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#28 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 01 April 2016 - 08:04 PM

Saya lihat djoe dan arieosho akhir akhir ini sudah membaik dalam berdiskusi, masih ada segelintir masih membawa kebiasaan lamanya ....


  • maniaks likes this

Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#29 kasina

kasina

    Anggota tetap

  • Members
  • 7
  • 389 posts
  • 6 thanks

Posted 01 April 2016 - 08:34 PM

Yang mengatakan pancakhanda terdelusi itu siapa ya ? Melempar bola panas tapi tidak bisa mempertahankan argumennya sendiri.... capee deh... Dari awal tulisan sudah jelas siapa yang suka menuduh, demikian pintar memutar balikan mengatakan orang lain menuduh ...
OOT ke paticasamupada lagi...
 
Saya sudah paham model orang seperti ini maunya cuma jadi polisi, kalau orang yang dasarnya mau diskusi tidak akan mengeinterupsi pernyataan orang lain dengan melempar bola panas....
 
Kalau Sang Buddha dikatakan makhluk berarti mempunyai pancakhanda berarti sama saja mengatakan Sang Buddha terdelusi ....
 
Logika dasar seperti ini saja tidak mengerti bagaimana bisa masuk ke logika yang lebih dalam lagi ....
 
Lagian percuma memperpanjang debat kusir kayak gini...


I mei : legend yg tdk mengerti tulisan saya, kok malah bilang sy lempar bola panas haha
Sy memberikan pemikiran saya, malah dibilang interupsi, emang pikiran sy harus sama dgn legend haha maksa dgn menginterupi tulisan sy kan legend karena dinilai berlawanan dgn pandangannya.

Sdh dijelaskan dgn paticasamupada malah nuduh2 tdk terarah bilang sy berkesimpulan buddha bukan mahluk, manusia super dan sy mau jadi polisi dan akhirnya menuding pribadi orang bukan fokus pada topik .

Kalau anda tdk ngerti jgn menuding2 kesimpulan orang . Belajar praja lah dulu dan meditasi atau japa2 atau minta guru pembimbing anda ajarkan praja . Oot kemana2 nih ... sy kasihan dehhhh

Baca lagi dari awal tulisan sy berulang2 , kalau ngak bisa ngarti jgn salahkan orang lain . Lihat diri sendiri menyelam kediri sendiri, kembali kediri sendiri. Jgn cuman sibuk liat keluar dan urus urusan kesimpulan orang lain dgn nuding2 sembarangan !!!

Kalau mau diakui . Cukup minta aja bro. Gue kasih " iya legend hebat bijaksana dan maha tau dan mengerti segalanya "

Puassss ya legend . Sudah yaaa ._/\_

Semoga sadar _/\_

#30 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 02 April 2016 - 04:05 AM

ya sudah....  imei yang benar ..... :namaste:


  • maniaks likes this

Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#31 kasina

kasina

    Anggota tetap

  • Members
  • 7
  • 389 posts
  • 6 thanks

Posted 02 April 2016 - 08:57 AM

ya sudah....  imei yang benar ..... :namaste:


Wow ... beneran nih legend sdh sadar, kalau gitu thx ya, hehe
Kalau gitu id sy jgn di banned donk, masa yg bener dibanned . Buktiin kata2 sesuai kenyataan dan perbuatan . Kalau tdk sesuai namanya penipu ... orang sadar tdk mungkin menipu dirinya dan orang lain krn memiliki praja ... nah buktiin kalau legend cukup dewasa dan sdh praja ... _/\_
  • maniaks likes this

#32 maniaks

maniaks

    Anggota Tetap WDC

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 16
  • 139 posts
  • 4 thanks

Posted 02 April 2016 - 11:29 AM

1. Dukkha adalah pancakhanda yang mengalami delusi

 

2. Realistis adalah proyeksi menuju pembebasan dukkha,  dimana untuk menemukan akar permasalahan dukkha.

 

3. benar.

 

Terima kasih gan @legend,

 

1. Dukkha adalah pancakhanda yang mengalami delusi

 

dengan kata lain, semua delusi yang dialami oleh pancakhanda dapat kita sebut sebagai Dukkha ?

Kalau kita dipijat, kita mengalami delusi kalau itu sebuah kenikmatan. apakah itu dapat disebut dukkha ?

 

2. Realistis adalah proyeksi menuju pembebasan dukkha,  dimana untuk menemukan akar permasalahan dukkha.

Jadi kalau kita mau bebas dari dukkha, kita harus realistis ?

Apakah dengan realistis kita dapat menyingkirkan lobha, dosa dan moha, serta menyadari tiga corak kehidupan : dukkha, anicca, anatta ?

 

3. benar

benar dan benar = benar

benar dan salah = salah

salah dan benar = salah

salah dan salah = benar ^_^

 

 

terima kasih



#33 maniaks

maniaks

    Anggota Tetap WDC

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 16
  • 139 posts
  • 4 thanks

Posted 02 April 2016 - 11:37 AM

Buddha itu memang manusia super, super kesadaran.

 

Justru karena beliau pernah sama dengan kita (memiliki pancakhanda dan hidup dalam kesenangan duniawi) kita baru dapat memiliki semangat dan keyakinan kalau kita juga bisa loh seperti beliau.

 

 

Terima kasih.


  • legend likes this

#34 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 03 April 2016 - 06:56 AM

Terima kasih gan @legend,

 

1. Dukkha adalah pancakhanda yang mengalami delusi

 

dengan kata lain, semua delusi yang dialami oleh pancakhanda dapat kita sebut sebagai Dukkha ?

Kalau kita dipijat, kita mengalami delusi kalau itu sebuah kenikmatan. apakah itu dapat disebut dukkha ?

 

2. Realistis adalah proyeksi menuju pembebasan dukkha,  dimana untuk menemukan akar permasalahan dukkha.

Jadi kalau kita mau bebas dari dukkha, kita harus realistis ?

Apakah dengan realistis kita dapat menyingkirkan lobha, dosa dan moha, serta menyadari tiga corak kehidupan : dukkha, anicca, anatta ?

 

3. benar

benar dan benar = benar

benar dan salah = salah

salah dan benar = salah

salah dan salah = benar ^_^

 

 

terima kasih

 

 

1. Sebelumnya harus mengerti dulu makna dari delusi itu, 

Delusi adalah suatu keyakinan yang dipegang secara kuat namun tidak akurat, yang terus ada walaupun bukti menunjukkan hal tersebut tidak memiliki dasar dalam realitas. Jadi mengalami kenikmatan adalah permainan delusi...  Kenikmatan bukan hal yang permanen dapat berubah karena itu disebut dukkha.
 

2. Benar, karena realistis adalah cara kerja dari prajna.

 

3, Sila, samadhi dan prajna dijabarkan dalam jalam utama berunsur delapan.


Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#35 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 03 April 2016 - 07:03 AM

Buddha itu memang manusia super, super kesadaran.

 

Justru karena beliau pernah sama dengan kita (memiliki pancakhanda dan hidup dalam kesenangan duniawi) kita baru dapat memiliki semangat dan keyakinan kalau kita juga bisa loh seperti beliau.

 

 

Terima kasih.

 

Banyak yang berpikir Buddha seperti sesuatu yang jauh tidak terjangkau, hal ini yang menghambat dalam hal spiritual.


Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


Thanked by 1 Member:
maniaks

#36 arieosho

arieosho

    Fenomena WDC

  • Members
  • 289
  • 6,099 posts
  • 43 thanks

Posted 03 April 2016 - 07:40 AM


Justru karena beliau, Buddha , pernah sama seperti kita (memiliki pancakhanda dan hidup dalam kesenangan duniawi) kita baru dapat memiliki semangat dan keyakinan kalau kita juga bisa loh seperti beliau.
Terima kasih.


Oh , itu ya. Yang memotivasi anda ? Patut dikasihani . Mungkin Karena semua orang berpikir seperti anda , maka tidak ada yang seperti beliau selama kurun waktu 2558 tahun .

.
Semua yang terjadi dan akan terjadi adalah berhubungan dengan KARMA. Apakah anda akan mencapai pencerahan agung sekarang atau di kelahiran yang akan datang ? Kejadian itu berhubungan dengan KARMA Baik anda. Maka mulailah dengan lHati Nurani agar semua pikiran dan tindakan anda menghasilkan KARMA baik. Jika KARMA baik anda telah memenuhi target , jalan akan terbuka. anda akan menemukan kebenaran apapun yang anda perlu sesuai dengan KARMA baik anda.. Hati Nurani.

#37 legend

legend

    Sekejap Saja

  • Moderators
  • 257
  • 5,703 posts
  • 80 thanks
  • LocationMalang

Posted 03 April 2016 - 08:04 AM

Oh , itu ya. Yang memotivasi anda ? Patut dikasihani . Mungkin Karena semua orang berpikir seperti anda , maka tidak ada yang seperti beliau selama kurun waktu 2558 tahun .

.

 

Anda sudah melakukan personal attack kepada maniaks


Ibarat Telunjuk Menunjuk Ke Bulan, Demikian Juga Kata Kata Hanya Menunjuk Ke Kebenaran...:D


#38 maniaks

maniaks

    Anggota Tetap WDC

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 16
  • 139 posts
  • 4 thanks

Posted 03 April 2016 - 01:49 PM

Oh , itu ya. Yang memotivasi anda ? Patut dikasihani . Mungkin Karena semua orang berpikir seperti anda , maka tidak ada yang seperti beliau selama kurun waktu 2558 tahun .

.

 

Yup, itu merupakan salah satu alasan saya memilih agama Buddha.

 

Apakah anda sudah pernah membuktikan kalau tidak ada yang seperti beliau selama kurun waktu 2558 tahun ?

 

atau itu hanya asumsi dari wujud pikiran anda sendiri ?

 

Anda sudah melakukan personal attack kepada maniaks

 

Tidak apa apa, mungkin dia hanya sedang lelah ^_^

 

Terima kasih



#39 maniaks

maniaks

    Anggota Tetap WDC

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 16
  • 139 posts
  • 4 thanks

Posted 03 April 2016 - 01:52 PM

1. Sebelumnya harus mengerti dulu makna dari delusi itu, 

Delusi adalah suatu keyakinan yang dipegang secara kuat namun tidak akurat, yang terus ada walaupun bukti menunjukkan hal tersebut tidak memiliki dasar dalam realitas. Jadi mengalami kenikmatan adalah permainan delusi...  Kenikmatan bukan hal yang permanen dapat berubah karena itu disebut dukkha.
 

2. Benar, karena realistis adalah cara kerja dari prajna.

 

3, Sila, samadhi dan prajna dijabarkan dalam jalam utama berunsur delapan.

 

Terima kasih gan @legend sudah mau membantu menjelaskan,

 

Sekarang saya sudah cukup jelas.

 

Hidup itu memang lah dukkha.

 

 

Terima kasih



#40 arieosho

arieosho

    Fenomena WDC

  • Members
  • 289
  • 6,099 posts
  • 43 thanks

Posted 03 April 2016 - 02:09 PM

Yup, itu merupakan salah satu alasan saya memilih agama Buddha.

 

Apakah anda sudah pernah membuktikan kalau tidak ada yang seperti beliau selama kurun waktu 2558 tahun ?

 

atau itu hanya asumsi dari wujud pikiran anda sendiri ?

 

 

Tidak apa apa, mungkin dia hanya sedang lelah ^_^

 

Terima kasih

haha. anda bagus juga pemikiran anda. 

 

 

tapi saya tidak lelah. saya hanya ingin menyampaikan secara lugas dan sedikit sindiran. jika itu motivasi anda. kapan anda akan seperti beliau ?

 

dalam sejarah selama 2500 tahun , siapa yang tercatat telah seperti beliau ? 

 

ini yang membuat anda patut dikasihani , karena anda berharap pada yang tidak ada.

 

alasan anda pasti lebih dari itu. anda hanya tidak menyadari itu. anda tidak akan mengkultus individu sebagai motivasi. anda renungkan kembali.


Semua yang terjadi dan akan terjadi adalah berhubungan dengan KARMA. Apakah anda akan mencapai pencerahan agung sekarang atau di kelahiran yang akan datang ? Kejadian itu berhubungan dengan KARMA Baik anda. Maka mulailah dengan lHati Nurani agar semua pikiran dan tindakan anda menghasilkan KARMA baik. Jika KARMA baik anda telah memenuhi target , jalan akan terbuka. anda akan menemukan kebenaran apapun yang anda perlu sesuai dengan KARMA baik anda.. Hati Nurani.





Also tagged with one or more of these keywords: dukkha, sunyata, jhana, meditasi, kosong, BUDDHA, zen, awam, duniawi, makhluk

0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

 
x

Halo :)

Halo :), Selamat Datang di Wihara.com :D

Yuk bergabung dengan kita, di jamin jadi lebih bijaksana, baik & sabar hehe

Kamu bisa bertanya2 ataupun sharing2 pengalaman kamu sebagai Buddhist

Ayo tunggu apa lagi, bergabung skrg :D. Click di "Register". Thanks :)
register close