Jump to content


Welcome to Wihara.com


Sign In 

Create Account
Selamat datang di Wihara.com :D , Ayo Ikutan Bergabung jadi kamu bisa mendapatkan manfaat dari sini :
Manfaat2 nya di antara lain

- Nanya2 & Sharing Pengalaman Buddhist Kamu
- Meningkatkan Kebijaksanaan Kamu
- Belajar Ngendalikan Emosi
- Menjadi Orang yg Lebih Baik
- Lebih Bahagia Dalam Hidup
- Kenalan Antar Anak Buddhist di Kota Kamu
- Gathering di Kota Masing2

Yuk Bergabung Dengan Kita :D
 

Photo
- - - - -

Tanya Tian Thi Kong?


  • Please log in to reply
26 replies to this topic

#1 Reyzhin

Reyzhin

    Siswa Sang Buddha

  • Members
  • 1
  • 365 posts
  • 0 thanks

Posted 17 November 2009 - 11:26 AM

saya ingin bertanya tapi tidak tahu di ruangan mana yang benar.

Yang biasa disembah orang-orang khususnya keturunan chinese, biasanya diletakan di sebelah atas rumah, dengan altar dituliskan Tian Thi Kong, sebenarnya apa yang disembah?
setahu saya Tian Thi Kong itu kumpulan dewa langit dari surga pertama sampai ketiga, karena memang sebagian besar urusan duniawi diurus oleh para dewa tingkat pertama sampai ketiga.

Tetapi ada yang mengatakan yang disembah adalah Sakra Devanam Indra atau Yi Huang Ta Ti(kenapa tidak dibuat rupangnya saja), dan juga ada yang mengatakan Tuhan Yang Maha Esa (kalo ini saya tidak kenal).

apakah ada yang tahu? jawaban anda akan saya pertimbangkan.


#2 kantaviriya

kantaviriya

    Legenda WDC

  • Members
  • 6
  • 3,435 posts
  • 0 thanks

Posted 17 November 2009 - 04:05 PM

[quote name='Reyzhin'][COLOR="Indigo"][FONT="Courier New"][I]


Tetapi ada yang mengatakan yang disembah adalah Sakra Devanam Indra atau Yi Huang Ta Ti(kenapa tidak dibuat rupangnya saja), dan juga ada yang mengatakan Tuhan Yang Maha Esa (kalo ini saya tidak kenal).


Mengacu pertayaan anda,
dewa langit
dengan ciri-ciri tsb, sakka, penguasa raja dewa alam 33,
penguasa mutlak,

ngak ada yg berani buat ruphangnya kali?

:bow:

#3 Reyzhin

Reyzhin

    Siswa Sang Buddha

  • Members
  • 1
  • 365 posts
  • 0 thanks

Posted 17 November 2009 - 04:28 PM

[quote name='kantaviriya'][quote name='Reyzhin']


Tetapi ada yang mengatakan yang disembah adalah Sakra Devanam Indra atau Yi Huang Ta Ti(kenapa tidak dibuat rupangnya saja), dan juga ada yang mengatakan Tuhan Yang Maha Esa (kalo ini saya tidak kenal).


Mengacu pertayaan anda,
dewa langit
dengan ciri-ciri tsb, sakka, penguasa raja dewa alam 33,
penguasa mutlak,

ngak ada yg berani buat ruphangnya kali?

:bow:[/QUOTE]

[FONT="Courier New"][COLOR="Indigo"][I]hahaha...
jika yang disembah adalah tunggal bukankah lebih baik dibuat rupa atau wujud supaya sewaktu disembah dapat membayangkan didepan sehingga lebih tepat sasaran dan juga kenapa tidak dituliskan nama "Kaisar langit" saja?


#4 kantaviriya

kantaviriya

    Legenda WDC

  • Members
  • 6
  • 3,435 posts
  • 0 thanks

Posted 17 November 2009 - 04:34 PM

[quote name='Reyzhin'][quote name='kantaviriya']

hahaha...
jika yang disembah adalah tunggal bukankah lebih baik dibuat rupa atau wujud supaya sewaktu disembah dapat membayangkan didepan sehingga lebih tepat sasaran dan juga kenapa tidak dituliskan nama "Kaisar langit" saja?
[/QUOTE]

aku juga
bertanya demikian

ada yang bisa jawabngak ya

:huh:

#5 Xuanyuan

Xuanyuan

    Siswa Senior Sang Buddha

  • Members
  • 2
  • 607 posts
  • 0 thanks

Posted 18 November 2009 - 02:36 AM

Altar yang ngadep keluar? Aslinya tuch sebenernya ditujukan buat San'guan Dadi/Samkoan Taytee (三官大帝). Khususnya Tian'guan Ziwei Dadi, gelar suci beliau Shangyuan Yipin Cifu Tian'guan Ziwei Dadi (上元一品 賜福天官 紫微大帝). Makanya tulisan di Sienci/Siencupay nya "Tian'guan Cifu" 天官賜福

San'guan/Samkoan tuch ngerujuk 3 Dewa. Tian'guan/天官,Diguan/地官 gelar sucinya Zhongyuan Erpin Shezui Diguan Qingxu Dadi (中元二品 赦罪地官 清虛大帝),& Shuiguan/水官 gelar sucinya Xiayuan Sanpin Jie'e Shuiguan Dongyin Dadi (下元三品 解厄水官 洞陰大帝).

CMIIW :bow:

#6 Reyzhin

Reyzhin

    Siswa Sang Buddha

  • Members
  • 1
  • 365 posts
  • 0 thanks

Posted 18 November 2009 - 10:24 AM

Altar yang ngadep keluar? Aslinya tuch sebenernya ditujukan buat San'guan Dadi/Samkoan Taytee (三官大帝). Khususnya Tian'guan Ziwei Dadi, gelar suci beliau Shangyuan Yipin Cifu Tian'guan Ziwei Dadi (上元一品 賜福天官 紫微大帝). Makanya tulisan di Sienci/Siencupay nya "Tian'guan Cifu" 天官賜福

San'guan/Samkoan tuch ngerujuk 3 Dewa. Tian'guan/天官,Diguan/地官 gelar sucinya Zhongyuan Erpin Shezui Diguan Qingxu Dadi (中元二品 赦罪地官 清虛大帝),& Shuiguan/水官 gelar sucinya Xiayuan Sanpin Jie'e Shuiguan Dongyin Dadi (下元三品 解厄水官 洞陰大帝).

CMIIW :bow:


oh... ternyata begitu, apakah bro Xuanyuan tahu asal usul sejarah dimulainya persembahan pada 3 dewa tersebut dan keterangan tentang 3 dewa tersebut, sepertinya sangat menarik

#7 kantaviriya

kantaviriya

    Legenda WDC

  • Members
  • 6
  • 3,435 posts
  • 0 thanks

Posted 18 November 2009 - 10:52 AM

oh... ternyata begitu, apakah bro Xuanyuan tahu asal usul sejarah dimulainya persembahan pada 3 dewa tersebut dan keterangan tentang 3 dewa tersebut, sepertinya sangat menarik


kayaknya 3 dewa tsb
para mentri, thian ti kong deh,

#8 Xuanyuan

Xuanyuan

    Siswa Senior Sang Buddha

  • Members
  • 2
  • 607 posts
  • 0 thanks

Posted 19 November 2009 - 09:04 AM

The Three Official-Emperors: The Emperors of Heaven, of Earth, and of Water


Origin of the Three Great Official-Emperors
The Three Great Official-Emperors1 are the Heavenly Official2, the Earthly Official3 and the Water Official4. In early ancient China, rituals of sacrifice to Heaven, Earth and Water were commonly performed. The Records of Rites5 says: "The sacrifice for Heaven is burned with wood; the sacrifice for the mountain is raised to the mountain peak; the sacrifice for the river is sunken in the water; and the sacrifice for earth is buried." However, it was the exclusive right of emperors to sacrifice to heaven, earth and rivers, while the common people only sacrificed to their ancestors.

In the eastern Han dynasty, when Zhang Daoling founded the Celestial Masters Tradition6, he instated a method for Daoists to pray for healing by sacrificing to Heaven, Earth and Water, and by presenting Handwritten Repentances to the Three Heavenly Officials7. "One is placed on the top of the mountain to offer to heaven; one is buried into the earth; and one is sunken into water." In the Southern and Northern dynasties, the Three Officials were combined with the Spirits of the Three Origins (higher, middle and lower)8.

The Heavenly Official Who Confers Blessings
The Heavenly Official, also known as 'Higher Origin First-Class Heavenly Official Who Confers Blessings'9 or 'Great Emperor of Purple Subtlety'10, belongs to the Jade Clarity Realm11. The Heavenly Official, a condensation of green, yellow, and white Vital Breaths12 of the Original Chaos, is in charge of the emperors of all the heavens. Every 15th day of the first month of the lunar calendar, he descends to the human world and inspects and decides the sins and blessings of men, and thus is called the Heavenly Official Who Confers Blessings13.

The Earthly Official Who Absolves Sins
The Earthly Official, also known as the 'Earthly Official of Middle Origin and Second-Rank Absolver of Sins'14 or 'Great Emperor of Pristine Emptiness"15, belongs to the Highest Clarity Realm16. The Earthly Official, a condensation of Numinous Vital Breath of the Original Grotto of Chaos17 and of Essence of Extreme Yellow, is in charge of the Five Emperors of the Five Sacred Mountains and of the Earthly Immortals of all places. Every 15th of the seven month of the lunar calendar, he comes to the human world, inspects the sins of men and absolves them.

The Water Official Who Eliminates Misfortunes
The Water Official, also known as the 'Water Official of Lower Origin and Third-Rank Eliminator of Misfortunes'18 or 'Great Emperor of Pervasive Yin"19, belongs to the Supreme Clarity Realm20. The Water Official, a condensation of Vital Breath of Winds and Lakes and of Essence of the Dawn of Greatness, is in charge of the immortals residing in water. Every 15th of the tenth month of the lunar calendar, he comes to the human world to inspect sins and good fortune, and eliminates the misfortunes of men.

Worship in Temples
On 15th of the first month, the 15th of the seventh month and the 15th of the tenth month, the birthdays of the Three Officials of Heaven, Earth and Water, Daoists go to temples and burn incense to offer sacrifices. Also, Golden Register Rituals21 and Yellow Register Rituals22 are held to pray for fortune and eliminate misfortune.



1. 三官大帝 Sanguan Dadi

2. 天官 Tianguan

3. 地官 Diguan

4. 水官 Shuiguan

5. 禮記 Liji

6. 天師道 Tianshi Dao

7. 三官手書 Sanguan Shoushu

8. 三元神 Sanyuan Shen

9. 上元一品賜福天官 Shangyuan Yipin Cifu Tianguan

10. 紫微大帝 Ziwei Dadi

11. 玉清境 Yuqing Jing

12. 炁 Qi

13. 天官賜福 Tianguan Cifu

14. 中元二品赦罪地官 Zhongyuan Erpin Shezui Diguan

15. 清虛大帝 Qingxu Dadi

16. 上清境 Shangqing Jing

17. 元洞混靈之炁 Yuandong Hunling Zhi Qi

18. 下元三品解厄水官 Xiayuan Sanpin Jie E Shuiguan

19. 洞陰大帝 Dongyin Dadi

20. 太清境 Taiqing Jing

21. 金籙齋 Jinlu Zhai

22. 黃籙道場 Huanglu Daochang

Author: Chen Yaoting
Translator: Luo Tongbing
Copy Editor: David Palmer

Edited by Xuanyuan, 19 November 2009 - 09:06 AM.


#9 Reyzhin

Reyzhin

    Siswa Sang Buddha

  • Members
  • 1
  • 365 posts
  • 0 thanks

Posted 19 November 2009 - 10:22 AM

terima kasih atas informasinya bro Xuanyuan.

mungkin saya akan bertanya lagi di thread baru tentang hal yang lain, saya harap ada yang bersedia memberikan informasi
:001_005:

#10 Xuanyuan

Xuanyuan

    Siswa Senior Sang Buddha

  • Members
  • 2
  • 607 posts
  • 0 thanks

Posted 19 November 2009 - 11:44 AM

:bow: :bow: :bow:

#11 kantaviriya

kantaviriya

    Legenda WDC

  • Members
  • 6
  • 3,435 posts
  • 0 thanks

Posted 19 November 2009 - 02:32 PM

kamsia deh bro Xuanyuan

#12 mingtek

mingtek

    Senior

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1
  • 214 posts
  • 0 thanks

Posted 08 June 2010 - 07:40 PM


Yang biasa disembah orang-orang khususnya keturunan chinese, biasanya diletakan di sebelah atas rumah, dengan altar dituliskan Tian Thi Kong, sebenarnya apa yang disembah?
setahu saya Tian Thi Kong itu kumpulan dewa langit dari surga pertama sampai ketiga, karena memang sebagian besar urusan duniawi diurus oleh para dewa tingkat pertama sampai ketiga.
Tetapi ada yang mengatakan yang disembah adalah Sakra Devanam Indra atau Yi Huang Ta Ti(kenapa tidak dibuat rupangnya saja), dan juga ada yang mengatakan Tuhan Yang Maha Esa (kalo ini saya tidak kenal).
apakah ada yang tahu? jawaban anda akan saya pertimbangkan.


Huahahaha....wakakkakakaka....hehehehe.... :lol:sory, sory, ga tahan sech, sdr reyzhin, darimana anda dapet pengetahuan kalu Tian Thi Kong adalah kumpulan dewa surga 1-3 ? :thumbdown:
Meski ga kenal, tapi pasti pernah denger khaaan, itu tuh di Pancasila kan ada juga, sila yg ke 1. Supaya lebih tahu, saya tulis definisi atau sifat Kuasa Tuhan.
Tian, Di / Thi Kong, Shang Di, Huang Tian, dan banyak lagi sebutannya, itu semua mengacu atau sebutan bagi Yang Mutlak, bukan merupakan ciptaan, Absolut, Awal dan akhir segala sesuatu, tak dapat diperkirakan maupun ditetapkan, tanpa batas, transenden, sebutan bagi Tuhan Yang maha Esa, Khalik semesta / semua alam.
Bagaimana mungkin dibuatkan rupang, sedang hanya mencoba mendefinisikan sifat Kuasa Nya saja, tidak mungkin tepat benar karena Tuhan diluar segala konsep duniawi.
Kalaupun penggambaranNya oleh manusia, itu hanyalah cara agar manusia bisa memahami, mengenal sifat KuasaNya.

#13 jhon

jhon

    Penyebar Dharma

  • Members
  • 4
  • 2,016 posts
  • 0 thanks

Posted 09 June 2010 - 10:56 AM

Itu kadang buat bingung saja, kadang Tao disebut Tuhan, kadang Yu huang da di jg disebut Tuhan...
Akhrnya ada yg bilang Tao sifatnya transenden(Non personal).
dan Dewa Yu huang sebgai imanenNYA Tao(Personal).
Ada lg yg bilang Dewa Yg tertinggi itu Thay Shang Lau Jun...
Nah sapa yg tdk bingung.

#14 mingtek

mingtek

    Senior

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1
  • 214 posts
  • 0 thanks

Posted 10 June 2010 - 08:10 PM

Itu kadang buat bingung saja, kadang Tao disebut Tuhan, kadang Yu huang da di jg disebut Tuhan...
Akhrnya ada yg bilang Tao sifatnya transenden(Non personal).
dan Dewa Yu huang sebgai imanenNYA Tao(Personal).
Ada lg yg bilang Dewa Yg tertinggi itu Thay Shang Lau Jun...
Nah sapa yg tdk bingung.


Yg saya tulis diatas / post sebelumnya adalah tentang Tuhan dalam agama Khonghucu, dan sebenarnya sebutan kepada Tuhan ada beberapa lagi, sayangnya saya lupa.
Untuk Tao, saya rasa lebih baik / tepat umatnya sendiri yg mengomentari.

#15 runningWhilePissing

runningWhilePissing

    Tidak baru lagi

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 1
  • 53 posts
  • 0 thanks

Posted 28 June 2010 - 11:24 AM

Sy juga pernah dengar ada yg sebut Thian Ti Kong/Thian Ti Sen, waktu sy tanyain dewa mana
yg dia maksud ketrangannya mengarah ke dewa 2x (langit maupun bumi, gak jelas), sepertinya
vihara tertentu emang mengajarkan sembayang ke Thian Ti Kong, dan emang tidak dimaksud dg
Dewa Langit / Thi Kong saja.

Sepertinya istilah ini jadi tersebar dan keimport umat chinese traditional yg biasa sembayang
ke "Thi Kong" (didepan pintu hadap langit) karena istilahnya Thian Ti Khong mirip dg Thi Kong.

Kalo yg umat chinese traditional sembayang ke langit setau sy biasanya sih sembayang ke
Dewa langit / Thi Khong saja, juga disebut Yi Wang Ta Ti (Gek Ong Tai Ti). Klo Thi Kong sih
memang ada rupangnya, tanya ke toko Gek Ong tai Ti, mrk akan tunjukin.

Klo yg disebut diatas sebagai San Guan Ta Ti, ada yg sebut dg Thian Cun, sy gak tau posisinya
mereka, sepertinya mereka mrpkan maha menteri dari atas, gak urus manusia langsung, semacam
polisi militernya dewa 2x di langit

Saya jg pernah liat rupang mereka ada 3 sosok pake pakaian Taois, berupa:

1-nya (mirip Thai Shan Lau Cun) duduk diatas |Unicorn, penguasa Langit ?
1-nya lagi duduk diatas Chi Lin (Khi Leng) , penguasa Bumi ?
1-nya lagi duduk diatas Kerbau , penguasa Air ?

#16 WangTX

WangTX

    Baru bergabung

  • Members
  • PipPip
  • 0
  • 20 posts
  • 0 thanks

Posted 28 June 2010 - 02:08 PM

saya ingin bertanya tapi tidak tahu di ruangan mana yang benar.

Yang biasa disembah orang-orang khususnya keturunan chinese, biasanya diletakan di sebelah atas rumah, dengan altar dituliskan Tian Thi Kong, sebenarnya apa yang disembah?
setahu saya Tian Thi Kong itu kumpulan dewa langit dari surga pertama sampai ketiga, karena memang sebagian besar urusan duniawi diurus oleh para dewa tingkat pertama sampai ketiga.

Tetapi ada yang mengatakan yang disembah adalah Sakra Devanam Indra atau Yi Huang Ta Ti(kenapa tidak dibuat rupangnya saja), dan juga ada yang mengatakan Tuhan Yang Maha Esa (kalo ini saya tidak kenal).

apakah ada yang tahu? jawaban anda akan saya pertimbangkan.


Dear Reyzhin,

Saya setuju dengan jawaban dibawah ini.

Kalo yg umat chinese traditional sembayang ke langit setau sy biasanya sih sembayang ke
Dewa langit / Thi Khong saja, juga disebut Yi Wang Ta Ti (Gek Ong Tai Ti). Klo Thi Kong sih
memang ada rupangnya, tanya ke toko Gek Ong tai Ti, mrk akan tunjukin.

Klo yg disebut diatas sebagai San Guan Ta Ti, ada yg sebut dg Thian Cun, sy gak tau posisinya
mereka, sepertinya mereka mrpkan maha menteri dari atas, gak urus manusia langsung, semacam
polisi militernya dewa 2x di langit

Saya jg pernah liat rupang mereka ada 3 sosok pake pakaian Taois, berupa:

1-nya (mirip Thai Shan Lau Cun) duduk diatas |Unicorn, penguasa Langit ?
1-nya lagi duduk diatas Chi Lin (Khi Leng) , penguasa Bumi ?
1-nya lagi duduk diatas Kerbau , penguasa Air ?


Yang disembah adalah 玉皇大帝 Yu Huang Dadi (天公 Tiān Gōng).
Memang pada umumnya tidak menggunakan rupang, walaupun ada rupangnya. Sembahyangnya cukup dengan papan merah bertuliskan disertai hiolo atau yang paling sederhana dengan tempat hio merah yang digantungkan.

Thanks.

Edited by WangTX, 29 June 2010 - 07:04 PM.
Ralat


#17 WangTX

WangTX

    Baru bergabung

  • Members
  • PipPip
  • 0
  • 20 posts
  • 0 thanks

Posted 28 June 2010 - 02:15 PM

Itu kadang buat bingung saja, kadang Tao disebut Tuhan, kadang Yu huang da di jg disebut Tuhan...
Akhrnya ada yg bilang Tao sifatnya transenden(Non personal).
dan Dewa Yu huang sebgai imanenNYA Tao(Personal).
Ada lg yg bilang Dewa Yg tertinggi itu Thay Shang Lau Jun...
Nah sapa yg tdk bingung.


Dear Jhon,

Saya bukan umat beragama Tao, tapi saya menyembah 玉皇大帝 Yu Huang Dadi (天公 Tiān Gōng).

Tao yang anda maksudkan apa?
Pengertian anda tentang Tuhan seperti apa?
Bisa dijelaskan lebih lanjut?

Thanks.

#18 sindi

sindi

    Senior WDC

  • Members
  • 9
  • 1,693 posts
  • 2 thanks

Posted 28 June 2010 - 10:47 PM

`````.

Edited by sindi, 31 October 2011 - 07:47 PM.

www.padmakumara.wordpress.com
www.strokehelping.blogspot.com
www.buddha168.blogspot.com

#19 WangTX

WangTX

    Baru bergabung

  • Members
  • PipPip
  • 0
  • 20 posts
  • 0 thanks

Posted 29 June 2010 - 07:21 PM

Thian Thi Kong maksudnya mengacu ke 玉皇大帝 Yu Huang Dadi (天公 Tiān Gōng)?
atau...
Thian Ti Kong sesuai kata runningWhilePissing?

Sy juga pernah dengar ada yg sebut Thian Ti Kong/Thian Ti Sen, waktu sy tanyain dewa mana
yg dia maksud ketrangannya mengarah ke dewa 2x (langit maupun bumi, gak jelas), sepertinya
vihara tertentu emang mengajarkan sembayang ke Thian Ti Kong, dan emang tidak dimaksud dg
Dewa Langit / Thi Kong saja.

Sepertinya istilah ini jadi tersebar dan keimport umat chinese traditional yg biasa sembayang
ke "Thi Kong" (didepan pintu hadap langit) karena istilahnya Thian Ti Khong mirip dg Thi Kong.

Atau ada pendapat lain?
Bagi yang mengetahui, mohon penjelasannya...

Thanks.

I am but a guest in this world. While others rush about to get things done, I accept what is offered.
Oh, my mind is like that of a fool, aloof to the clamor of life. Indeed I am different…


#20 WangTX

WangTX

    Baru bergabung

  • Members
  • PipPip
  • 0
  • 20 posts
  • 0 thanks

Posted 03 July 2010 - 04:31 PM

Altar yang ngadep keluar? Aslinya tuch sebenernya ditujukan buat San'guan Dadi/Samkoan Taytee (三官大帝). Khususnya Tian'guan Ziwei Dadi, gelar suci beliau Shangyuan Yipin Cifu Tian'guan Ziwei Dadi (上元一品 賜福天官 紫微大帝). Makanya tulisan di Sienci/Siencupay nya "Tian'guan Cifu" 天官賜福

San'guan/Samkoan tuch ngerujuk 3 Dewa. Tian'guan/天官,Diguan/地官 gelar sucinya Zhongyuan Erpin Shezui Diguan Qingxu Dadi (中元二品 赦罪地官 清虛大帝),& Shuiguan/水官 gelar sucinya Xiayuan Sanpin Jie'e Shuiguan Dongyin Dadi (下元三品 解厄水官 洞陰大帝).

CMIIW :bow:


Setelah pencarian beberapa data di internet, sepertinya pernyataan Sdr. Xuanyuan benar bahwa tulisan Tian Guan Ci Fu menunjukkan San Guan.
Tetapi pada prakteknya, orang2 menujukannya kepada Thi Kong? CMIIW

Masukan dari forum lain yg membahas, sbb:

Kalo Kaisar langit bergelar Yu Huang Da Di 玉皇大帝 / yu huang Shang Di 玉皇上帝/ Maharaja Giok. menurut catatan , beliau adalah raja dari istana langit , tian ting 天庭/ 灵霄宝殿 ling Xiao Bao Dian. dan beliau merupakan raja dan penguasa dari beberapa dewa -dewi , dan bertindak sebagai seorang raja yang mengatur beberapa hal dialam dewa , alam manusia, dan alam yin. tapi ada juga beberapa dewa yang tingkatannya lebih tinggi dari beliau.
thi Kong sebenarnya agak rancu , maksudnya adalah dalam penyebutan, ada beberapa orang yang menganggap Thi Kong itu tuhan, ini juga gak salah. tapi ada yang menyamakan Thi Kong dengan Yu Huang , ini menurut saya salah, lah wong masih ada yang lebih tinggi dari Yu Huang kok., nah kalo penulisan pada papan Thi kong yang biasa disembah didepan rumah,juga ada kesalahan, penulisannya Tian Guan Chi Fu 天官赐福,ini sebenarnya kata Tian Guan, menunjuk kepada salah satu dari San Guan Da Di 上官大帝 ( 天官,地官,水官)。jadi kalo memang mau menyembah Thi kong ya tulis aja 天公。 jadi menurut saya ada salah interpretasi, ini menurut saya loh. makanya kalo bagi saya untuk menyembah langit / Thian, labih baik langsung menghadap ke langit aja. jadi mengenai Thi Kong ini masih sangat rancu.
maaf jika ada yang salah, mohon dikoreksi. thq


I am but a guest in this world. While others rush about to get things done, I accept what is offered.
Oh, my mind is like that of a fool, aloof to the clamor of life. Indeed I am different…





1 user(s) are reading this topic

0 members, 1 guests, 0 anonymous users

 
x

Halo :)

Halo :), Selamat Datang di Wihara.com :D

Yuk bergabung dengan kita, di jamin jadi lebih bijaksana, baik & sabar hehe

Kamu bisa bertanya2 ataupun sharing2 pengalaman kamu sebagai Buddhist

Ayo tunggu apa lagi, bergabung skrg :D. Click di "Register". Thanks :)
register close