Jump to content


Welcome to Wihara.com


Sign In 

Create Account
Selamat datang di Wihara.com :D , Ayo Ikutan Bergabung jadi kamu bisa mendapatkan manfaat dari sini :
Manfaat2 nya di antara lain

- Nanya2 & Sharing Pengalaman Buddhist Kamu
- Meningkatkan Kebijaksanaan Kamu
- Belajar Ngendalikan Emosi
- Menjadi Orang yg Lebih Baik
- Lebih Bahagia Dalam Hidup
- Kenalan Antar Anak Buddhist di Kota Kamu
- Gathering di Kota Masing2

Yuk Bergabung Dengan Kita :D
 

- - - - -

Daging dan Kesehatan


  • Please log in to reply
5 replies to this topic

#1 Top1

Top1

    Senior WDC

  • Moderators
  • 34
  • 1,985 posts
  • 20 thanks

Posted 22 February 2013 - 03:27 AM

Daging dan Kesehatan

Di bawah akan saya jelaskan apa bahaya makan daging terhadap tubuh manusia, sekaligus juga akan saya beritahukan kepada anda, apakah benar kalau bervegetarian dapat menyebabkan kekurangan gizi. Mengapa saya sebutkan makan daging sangat berbahaya bagi kesehatan manusia? Sebab daging adalah “jenis bahan makanan yang sangat tidak higienis”. Mengapa dikatakan demikian? Sebab dalam daging hewan mengandung sangat banyak “zat kimia beracun”.

Daging hewan yang kita makan sekarang, baik daging sapi, daging babi, atau pun daging ayam, semuanya merupakan produk peternakan. Dalam proses peternakannya, demi mempercepat pertumbuhan, hewan ternak disuntik dengan antibiotik, hormon, obat penenang, obat pembangkit selera makan, dan diberikan pakan ternak yang mengandung banyak macam zat kimia, juga diberikan banyak sekali vaksinasi, tiada satu macam pun dari obat-obatan ini yang tidak beracun, itu sebabnya banyak dari hewan ternak ini sudah mati duluan akibat overdosis obat-obatan sebelum dijual di pasaran. Selain itu, jika produk daging ini satu dua hari sesudah memasuki pasaran masih belum terjual, warna daging akan berubah menjadi warna abu-abu besi, itu sebabnya demi mengurangi kerugian, para penjual daging akan menaruh bahan pengawet “nitrat” di atas permukaan daging, bahan pengawet ini akan membuat daging yang sudah tiga atau empat hari lamanya, walau bagian dalamnya sudah mulai membusuk, tetapi permukaannya masih saja terlihat segar, bahan pengawet nitrat ini dalam tubuh dapat berubah menjadi molekul yang menyebabkan kanker.

Selain itu, dalam proses penanaman tanaman untuk bahan baku pakan ternak, tentu disemprot dengan dengan pestisida atau insektisida dalam jumlah besar, apalagi karena diberi makan pada ternak dan bukannya manusia, maka tidak pernah menunggu masa panen yang aman, tanaman langsung dipanen untuk dijadikan pakan ternak. Menurut hasil penelitian Iowa State University, setelah hewan memakan pakan ini selama berbulan-bulan, jumlah residu zat beracun dalam tubuh hewan adalah tiga belas kali lebih tinggi daripada jumlah residu zat beracun dalam buah-buahan dan sayuran. Fakta telah membuktikan bahwa residu zat beracun di dalam tubuh orang-orang yang makan daging setidaknya tiga belas kali lebih tinggi daripada orang-orang yang vegetarian.

Kita mengenal seorang peternak babi, ia sendiri tidak berani makan daging babi, juga tidak berani membiarkan anak-anaknya minum susu sapi, ia berkata: “Itu dikarenakan kami tahu apa yang telah kami berikan kepada babi untuk dimakan!” Pada tubuh anak babi yang dipeliharanya, umumnya pada usia sekitar tiga bulan telah tumbuh tumor, itu disebabkan makanan yang dimakan oleh babi-babinya adalah sampah dapur yang bau dan telah berubah menjadi asam, juga berulat, makanan yang sangat tidak higienis menyebabkan zat racun tidak bisa dikeluarkan dari tubuh babi dan terakumulasi menjadi tumor.

Selain itu, ada sebuah buku berjudul “Mad Cowboy”, salah satu penulisnya adalah Howard F. Lyman, empat generasi dari keluarganya adalah peternak sapi, namun ia sendiri tidak berani makan daging sapi dan tidak berani minum susu, bahkan tidak berani menyentuh makanan hewani apa pun. Ia mengatakan: “Di Amerika Serikat, bagaimana hewan ternak dipelihara sampai tumbuh besar? Bagaimana produk daging dihasilkan? Saya lebih tahu dari siapa pun. Saya dulu juga pernah suka makan steak sapi, namun sekarang saya adalah Presiden daripada International Vegetarian Union, jika anda seperti saya, tahu dengan jelas kalau steak itu dibuat dari apa dan apa dampaknya terhadap tubuh anda, maka anda pasti akan berubah menjadi seorang vegetarian seperti saya ini!”

Howard F. Lyman mengatakan: “Di Amerika Serikat, hewan yang mati, seperti babi mati, ayam mati, kucing mati, anjing mati, dan hewan mati lainnya, biasanya dikirim ke pabrik pengolahan hewan, mayat-mayat hewan ini dihancurkan dengan mesin penggiling yang besar, kemudian dicampur dengan kedelai, gandum dan bahan kacang-kacangan lainnya untuk dijadikan pakan penambah gizi untuk meminimalisir biaya pakan ternak. Dari 90 juta ekor sapi ternak di Amerika Serikat, sekitar 75% di antaranya diberi makan pakan ternak murahan yang dibuat dari bangkai hewan seperti ini.” Jadi hewan ternak bernilai ekonomis sekarang tidak lagi makan kacang-kacangan atau rumput, sebagian besar dari hewan ternak ini adalah pemakan daging.


#2 Top1

Top1

    Senior WDC

  • Moderators
  • 34
  • 1,985 posts
  • 20 thanks

Posted 22 February 2013 - 03:34 AM

Daging adalah Neraka bagi Hewan:
Posted Image

#3 Top1

Top1

    Senior WDC

  • Moderators
  • 34
  • 1,985 posts
  • 20 thanks

Posted 22 February 2013 - 03:35 AM

Sepotong Burger:
Posted Image

#4 Top1

Top1

    Senior WDC

  • Moderators
  • 34
  • 1,985 posts
  • 20 thanks

Posted 23 February 2013 - 12:31 AM

Posted Image

Cow kneeled down to thanks a monk for saving his life.

This happened in Sri Lanka when a monk saved a few cows from the slaughter house. This is a very touching picture.

Edited by Top1, 24 March 2013 - 12:25 PM.


#5 Top1

Top1

    Senior WDC

  • Moderators
  • 34
  • 1,985 posts
  • 20 thanks

Posted 24 March 2013 - 12:31 PM

Inikah cara transportasi sapi - hewan mamalia paling berjasa dari dalam kapal kargo dengan
cara melilitkan tali di bagian leher dan kepala mereka, dan ditarik ke atas dengan crane.
Gambar diambil dari Harian Tribun, 7 January 2013.

Posted Image

#6 bellacutek

bellacutek

    Newbie

  • Members
  • Pip
  • 0
  • 5 posts
  • 0 thanks

Posted 05 July 2017 - 09:01 AM

daging sehat bisa di dapat dari cara ternah yang sehat dan penyembelihan yang mengikuti aturan agama






0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

 
x

Halo :)

Halo :), Selamat Datang di Wihara.com :D

Yuk bergabung dengan kita, di jamin jadi lebih bijaksana, baik & sabar hehe

Kamu bisa bertanya2 ataupun sharing2 pengalaman kamu sebagai Buddhist

Ayo tunggu apa lagi, bergabung skrg :D. Click di "Register". Thanks :)
register close